Ponci, (Humas Bulukumba) - Supervisi pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan kepada guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hal tersebut, MAS Darul Istiqamah Bulukumba disambangi oleh pengawas dari Bina Kantor Kementerian agama kabupaten Bulukumba untuk monitoring administrasi perangkat pembelajaran guru. Senin, 16 Oktober 2023 lalu.
Pelaksanaan supervisi pembelajaran ini dilakukan di Aula Umum MAS Darul Istiqamah Bulukumba yang terletak disamping kantor Madrasah. Dimana guru yang sempat hadir sebanyak 17 orang. Adapun beberapa yang berhalangan hadir karena sakit.
Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Ibu Dra. Marliani, selaku pengawas Bina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba pada pukul 08:30 - 11:30 wita waktu setempat. Ia menegaskan bahwa pelaksanaan supervisi ini merupakan tugas rutin berkala dengan tujuan menjaga konsistensi kompetensi guru. Kegiatan ini dilakukan melalui beragam teknik, baik individual maupun kelompok.
“Kebetulan pemeriksaan kali ini menggunakan teknik penilaian berkelompok dengan mengacu perbandingan kinerja setiap individu guru. Kita mulai dari kegiatan perencanaan yang mana mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan. Kemudian kegiatan pelaksanaan yang merupakan kegiatan nyata dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik. Terakhir adalah Evaluasi serta tindak Lanjut". Ungkapnya
Lebih lanjut Ibu Marliani, menjelaskan bahwa Tujuan Supervisi adalah untuk membantu guru mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitasnya dan kesulitan mengajar belajar. Meningkatkan kesadaran guru serta warga sekolah lainnya terhadap tata kerja yang demokratis dan kooperatif. Secara umum, kita dapat mengetahui atau mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, untuk mengetahui kualitas guru dalam mengajar.
Kepala Madrasah Aliyah, Ustad Ali Agus saat ditemui diruangannya sebelum pelaksanaan supervisi. Beliau mengatakan bahwa "evaluasi ini dapat dikatakan suatu proses memberikan informasi yang berarti dan berguna sebagai alternatif keputusan. Sedangkan supervisi memberikan penegasan, sebagai suatu kegiatan bantuan pembinaan kearah perbaikan, sehingga akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran kita semua sebagai guru mapel". Ungkapnya
Administrasi Guru merupakan pokok identitas seorang guru dalam mengajar diantaranya meliputi, Analisis minggu efektif, terdapat jumlah minggu yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar selama tahun ajaran. Program tahunan yang tersusun agenda kegiatan belajar mengajar dalam 1 tahun ke depan untuk mencapai standar kompetensi yang terdiri atas kompetensi inti serta kompetensi dasar yang sudah ditetapkan di setiap mata pelajaran.
Program semester yang berisi target penyampaian materi belajar dalam satu semester. Silabus pembelajaran, merupakan pedoman dalam menyusun kegiatan belajar mengajar di setiap mata pelajaran. KKM, yakni kriteria minimal yang menyatakan peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar pada suatu mata pelajaran. Kemudian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan panduan seorang guru untuk mengajar di kelas dan Daftar nilai sebagai alat yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar yang telah dipelajari.
Pada sesi akhir, Ibu Marliani menegaskan bahwa selain itu, kita juga harus menyediakan Instrumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa poin yaitu Tujuan pembelajaran, Agenda kegiatan belajar mengajar (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup), Alat dan bahan ajar, Sumber belajar, Metode pengajaran, Penilaian serta Dokumen Pendukug yang memuat beberapa poin seperti: Daftar hadir/absensi murid, Foto kegiatan belajar mengajar dan Kalender pendidikan". Tuturnya (Hnt/Ady)