Madrasah Mandiri Berprestasi

MTs Muhammadiyah Songing Lakukan Hafalan Juz 30 Sebagai Literasi 30 Menit

MTs Muhammadiyah Songing Lakukan Hafalan Juz 30 Sebagai Literasi 30 Menit, Kamis (28/7/2022). (Foto: Kontributor Humas Kemenag Sinjai)

Songing, Sinjai Selatan (Humas Sinjai) – Sebelum peserta didik MTs Muhammadiyah Songing  memasuki ruang kelas untuk melaksanakan proses belajar mengajar, peserta didik terlebih dahulu melaksanakan literasi 30 menit. Kegiatan ini di lakukan setiap hari sebelum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di mulai. Literasi ini juga bertujuan untuk membiasakan peserta membaca Al-Qur’an.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Madrasah, Kamis (28/7/2022) dan diikuti mulai dari peserta didik kelas VII (tujuh) s/d IX (sembilan). Seperti biasa, kegiatan literasi diarahkan oleh Tenaga Pendidik yang menjadi piket pada hari itu, Zaenab yang juga dan dipandu oleh setiap peserta didik yang terjadwal pada hari itu pula. Pada pelaksanaan  literasi hari itu untuk hafalan surat pendek (Juz 30 ) diarahkan oleh Zaenab yang juga merupakan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) di bidang Kurikulum MTs Muh. Songing serta di pandu oleh Aulia dari kelas VIII/B.

Zaenab menjelaskan bahwa kegiatan ini harus di tanamkan sejak dini, “agar peserta didik menjadi terbiasa dalam membaca Al.Qur’an dan melatih diri tampil di depan banyak orang, sehingga peserta didik MTs Muh. Songing memiliki skill tambahan dengan pegangan ayat pendek yang di baca tersebut, minimal mereka hafal surah pendek untuk bacaan solat,” ungkapnya.

Lanjut dengan kegiatan yang menjadi kebiasaan rutin ini, diharapkan akan tercipta suasana yang aman dan peserta didik bisa menerima dengan baik pelajarannya berkat membaca surah pendek ini. Kegiatan pembiasaan ini di lakukan dengan tujuan membawa suatu kebaikan baik untuk peserta didik, tenaga pendidik bahkan untuk madrasah yang dinaunginya. Sebagaimana kata pepatah mengatakan “setiap kegiatan yang selalu diawali dengan kebaikan maka akan menghasilkan kebaikan pula,” tutupnya. (Ahmad)


Daerah LAINNYA