Watamone, (Humas Bone) - Pembelajaran tidak hanya tentang menguasai materi pelajaran, tetapi juga tentang membentuk karakter yang kuat dan peduli terhadap sesama. Hal ini terbukti dari inisiatif yang diambil oleh kelas IV.B di bawah bimbingan Wali Kelas mereka, Andi Hamrianto, yang mengambil langkah berani untuk memberikan materi tentang anti-bullying atau perundungan kepada peserta didiknya. Senin (26/02/2024).
Dengan semangat penuh, Andi Hamrianto tidak hanya menyajikan materi secara teoritis, tetapi juga memperkaya pembelajaran dengan kreativitas yang memukau. Ruang kelas berubah menjadi panggung kecil di mana diajak untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai permainan peran dan simulasi situasi bullying. Melalui metode ini, siswa tidak hanya mendengar tentang pentingnya menghormati sesama, tetapi mereka juga merasakan secara langsung dampak dari tindakan bullying serta belajar cara mengatasi dan mencegahnya.
"Saya ingin memberikan pengalaman yang berkesan bagi peserta didik saya. Dengan mendekatkan mereka pada realitas, saya yakin pesan tentang anti-bullying akan lebih diterima dan dihayati dengan baik," ungkap Andi Hamrianto dengan antusias.
Tidak hanya itu, Andi Hamrianto juga melibatkan peserta didik dalam diskusi terbuka tentang pengalaman mereka sendiri, baik sebagai korban maupun pelaku bullying. Hal ini menciptakan ruang yang aman bagi mereka untuk berbagi cerita dan empati satu sama lain.
"Saya senang sekali guruku mengajar hari ini. Saya jadi lebih paham tentang bagaimana rasanya menjadi korban bullying dan saya berjanji untuk tidak pernah melakukan hal yang sama kepada teman-teman saya," ujar Altaaf Sutan Murhum.
Inisiatif yang diambil oleh kelas IV.B MIN 8 Bone ini tidak hanya memberikan pengalaman pembelajaran yang berharga bagi peserta didik, tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi seluruh madrasah. Dengan semangat dan kreativitas, mereka telah membuktikan bahwa pembelajaran tentang nilai-nilai sosial dan moral dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum dengan cara yang menarik dan bermakna. (A. Anto/Ahdi).