Di Bulan Ramadhan, Pendidik MIN 7 Bone Aktif Praktikkan Teori Renang

Macanang, (Humas Bone) - Peserta didik kelas V A MIN 7 Bone kembali menambah wawasan mereka dengan mempelajari teori renang gaya dada. Materi ini disampaikan dalam rangka meningkatkan pemahaman mereka tentang olahraga renang, yang merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan jasmani. Guru PJOK, Muhammad Yunus, dengan antusias memberikan penjelasan mendalam tentang teknik-teknik dasar dalam gaya dada kepada peserta didik di ruang kelas, Senin (25/3/2024).

Selama sesi pembelajaran, peserta didik dengan serius memperhatikan penjelasan guru dan bertanya aktif untuk memahami setiap detailnya. Proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran teori renang gaya dada dilakukan dengan tahapan yang terstruktur dan interaktif. Pertama, guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah interaktif yang melibatkan partisipasi aktif dari siswa, baik dalam bentuk bertanya maupun diskusi. Selanjutnya, peserta didik diberikan kesempatan untuk mempraktikkan gerakan-gerakan renang gaya dada secara simulasi di darat, yang dipandu oleh guru.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat pemahaman  terhadap teknik-teknik dasar renang sebelum mereka benar-benar mencoba di air, sehingga mereka dapat memahami secara lebih konkret bagaimana gerakan-gerakan tersebut dilakukan di air.   Akhirnya, sesi berakhir dengan refleksi bersama, di mana peserta didik diminta untuk berbagi pengalaman dan pemahaman baru yang mereka peroleh selama pembelajaran tersebut. Dengan pendekatan ini, diharapkan bahwa setiap peserta didik dapat memahami dengan baik konsep-konsep yang diajarkan dan siap untuk melanjutkan ke tahap praktik renang di kolam renang.Proses belajar ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam melakukan aktivitas renang di masa mendatang.

Menurut Muhammad Yunus, pembelajaran teori renang gaya dada merupakan langkah penting dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik tentang olahraga renang. Belajar teori ini tidak hanya tentang teknik-teknik gerakan di dalam air, tetapi juga tentang pemahaman konsep dan prinsip-prinsip dasar yang melatarbelakangi setiap gerakan. Guru menyatakan bahwa dengan memahami teori ini, peserta didik akan lebih siap secara mental dan fisik untuk menghadapi pembelajaran renang praktis di masa depan. Selain itu, dia berharap bahwa kegiatan ini juga akan membantu meningkatkan minat  terhadap olahraga renang dan menginspirasi mereka untuk menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehat mereka. (Andi Alfian/Ahdi)


Daerah LAINNYA