Antusiasme Peserta Didik Saat Guru MIN 7 Bone Terapkan Media Pembelajaran

Macanang, (Humas Bone ) - Upaya pelaksanaan pembelajaran langsung yang dilakukan oleh Guru Kelas I A, Andi Murni, untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik dalam materi IPA mengenai perbedaan kulit buah atau benda yang halus dan kasar yang bertempat di kelas I  A , Kamis (14/3/2024).

Dipandu langsung oleh Guru kelas I A , Andi Murni dalam proses pembelajaran  menggunakan media  berupa buah-buahan yang dibawa oleh peserta didik dari rumah. Terlebih dahulu Andi Murni memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur kepada murid-muridnya tentang pelajaran hari ini.

Di ruang kelas, suasana pembelajaran terlihat tenang dan tertib, dengan peserta didik yang dengan antusias mengikuti penjelasan guru. Andi Murni secara langsung memperlihatkan contoh buah-buahan yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Peserta didik diajak untuk mengamati dan meraba tekstur permukaan kulit buah atau benda tersebut, sehingga dapat memahami perbedaannya dengan lebih baik.

Keterlibatan langsung peserta didik dalam pengamatan dan perabaan buah-buahan tersebut membuat mereka semakin antusias dan aktif dalam pembelajaran. Andi Murni menekankan pentingnya pembelajaran langsung ini dengan mengatakan bahwa melalui pengalaman langsung seperti ini, peserta didik dapat lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Hal ini menunjukkan keberhasilan upaya guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan efektif bagi peserta didiknya.

Andi Murni, guru kelas I A, berpendapat bahwa penerapan pembelajaran langsung dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan dan nyata, seperti buah-buahan, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap minat dan pemahaman peserta didik. Menurutnya, melibatkan peserta didik secara aktif dalam pengamatan langsung dan eksperimen membantu mereka untuk lebih cepat memahami konsep-konsep yang diajarkan. Andi Murni juga percaya bahwa dengan memperlihatkan contoh benda secara langsung, peserta didik dapat lebih terlibat dalam proses belajar dan memiliki pengalaman yang lebih mendalam, sehingga memudahkan mereka untuk mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi IPA mengenai perbedaan kulit buah atau benda yang halus dan kasar. Melalui penerapan pembelajaran langsung dengan menggunakan media pembelajaran yang nyata, seperti buah-buahan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat konsep-konsep yang diajarkan di kelas dan membantu peserta didik mengaitkan pengetahuan yang mereka peroleh dengan situasi dunia nyata. (Andi Alfian/Ahdi)


Daerah LAINNYA