Parepare, (Humas Parepare) – Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi, Pendampingan dan Supervisi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Lantai 3 Ruang Rektorat IAIN Parepare pada Jumat, 23 Juni 2023.
Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kabid Penmad Kanwil Prov. Sulsel, H. Tonang didampingi oleh Kasi Penmad yang juga selaku Plh. Kakan Kemenag Parepare, H. Hasan Basri dan Sekretaris Pokjawas Nasional, Syamsuddin Rasyid.
Kabid Penmad Kanwil Prov. Sulsel dalam sambutannya, menegaskan sekaligus mendorong semua yang pernah ikut workshop IKM untuk melakukan pendampingan. “Kita harus berdayakan Pengawas, Kepala Madrasah dan Guru yang telah melakukan workshop atau bimtek yang terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk melakukan pendampingan di lembaganya masing-masing,”ujar H. Tonang.
Di kesempatan yang sama, Sekretaris Pokjawas Nasional, Syamsuddin Rasyid secara panjang lebar memberi materi terkait Implementasi Kurikulum Merdeka.
“IKM adalah Kurikulum yang berbasis proyek, memberi kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan minat dan bakat serta dapat mengeksplore kemampuan begitupun kompetensi yang dimiliki oleh anak didik,”terangnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan yakni lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, serta lebih relevan dan interaktif.
Di hadapan seluruh peserta dari 4 Kabupaten/Kota, Syamsuddin Rasyid menyampaikan kunci keberhasilan IKM. “Salah satu keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah adalah kesungguhan guru memberikan layanan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik yaitu memberikan hak belajar peserta didik sesuai dengan level kemampuan mereka,”urainya.
Untuk diketahui, Parepare menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Sosialisasi, Pendampingan dan Supervisi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diikuti oleh 50 peserta dari 4 kabupaten/kota yang masuk Zona I yakni Pinrang, Sidrap, Barru dan Parepare.(Fitri/Wn)