Songing, Sinjai Selatan (Humas Sinjai) – Menjelang pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dengan hal ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Songing (MTs Muh. Songing), gelar rapat persiapan panitia kegiatan PKKM yang dihadiri oleh Wakamad kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan beserta OPM dan staf TU, di ruang guru MTs Muh. Songing, Selasa (4/10/2022).
Dalam sambutannya Kamad MTs Muh. Songing, Ilham mengatakan bahwa Kepala madrasah adalah lambang sebuah madrasah, yang mencerminkan semua komponen yang ada di Madrasah tersebut, maka sudah seharusnya bersama-sama disupport agar dalam penilaian meraih nilai maksimal sebagai cerminan dari kualitas madrasah.”Kunci dari keberhasilan PKKM ini adalah kita harus saling bekerjasama, saling membantu, saling berkomunikasi dan saling berkoordinasi sehingga dicapai sebuah hasil kerja yang sesuai dengan harapan kita semua”, ungkap Ilham.
Lanjut Kepala Madrasah mengajak kepada seluruh komponen Madrasah untuk bekerjasama mensukseskan pelaksanaan Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang akan digelar pada tanggal 17 Oktober 2022 mendatang, lanjutnya.
Lebih lanjut Wakamad Kurikulum Zaenab juga mengatakan bahwa Dasar Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis nomor 1111 Tahun 2019 bahwa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah meliputi 4 komponen, yaitu
1. Usaha pengembangan madrasah
2. Pelaksanaan tugas manajerial
3. Pengembangan kewirausahaan
4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
Pembagian tugas, dari empat komponen yang mau dinilai dalam PKKM, koordinator tiap komponen penilaian bersama anggotanya telah dibacakan dan dijelaskan oleh Zaenab, selaku Wakamad Kurikulum MTs Muh. Songing. “Tiap koordinator komponen tugasnya adalah bertanggung jawab menyiapkan dan mengadakan bukti fisik sesuai yang terdapat di dalam instrumen, dibantu oleh anggotanya”, ungkap Zaenab.
“Standar pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsur strategis dalam peningkatan mutu. Fokus utamanya adalah bagaimana meningkatkan kemampuan professional kepala madrasah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan,” katanya.
Rapat pembahasan PKKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskusikan penyeragaman proses dan standar penilaian kinerja kepala madrasah.
Rapat diakhiri dengan kegiatan pembagian tugas sekaligus pengecekan indikator- indikator penilaian oleh tim yang dipimpin masing-masing ketua tim, tutupnya.