Inovasi Pembelajaran

Guru Geografi MAN 1 Bulukumba Memanfaatkan Teknologi Game dalam Pembelajaran

Andi Muhammad Tasmira, seorang Guru Geografi di MAN 1 Bulukumba, menunjukkan inovasinya dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Tanete, (Humas Bulukumba) - Dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, seorang pendidik harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan memanfaatkan teknologi dalam pengembangan pembelajaran. Hal ini menjadi penting untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Andi Muhammad Tasmira, seorang Guru Geografi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba, telah menunjukkan inovasinya dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan utamanya adalah membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi peserta didik.

Dalam konteks pembelajaran yang menyenangkan, Andi Tasmira mengarahkan siswanya untuk memiliki motivasi tinggi dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh kegembiraan di dalam kelas.

"Guru harus menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, sehingga semua siswa aktif dalam proses pembelajaran, tetapi tetap dalam suasana yang kondusif. Itulah mengapa saya merancang media pembelajaran berbasis game melalui aplikasi Wordwall," ungkap Andi Muhammad Tasmira pada Selasa, 12 September 2023.

Andi Tasmira juga menjelaskan bahwa pembelajaran dikatakan menyenangkan ketika siswa dapat belajar tanpa tekanan, suasana rileks, dan penuh semangat. Generasi Z, yang telah akrab dengan gadget dan permainan, cenderung menyukai pendekatan pembelajaran berbasis game. Oleh karena itu, penggunaan game-based learning sangat cocok untuk kondisi siswa di era digital saat ini.

Saat ini, Andi Tasmira sedang menyelesaikan modul yang akan dibagikan kepada sesama pendidik sebagai panduan dalam menggunakan aplikasi Wordwall.

Wordwall adalah aplikasi web yang memungkinkan pembuatan game berbasis kuis yang menyenangkan. Dengan Wordwall, berbagai jenis permainan dapat diciptakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.

Inovasi Andi Tasmira dalam menggabungkan teknologi game dengan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di MAN 1 Bulukumba, serta memberikan inspirasi bagi pendidik lainnya untuk menjelajahi cara-cara baru dalam mengajar. (SMY/Ady)


Daerah LAINNYA