Parepare, (Humas Parepare) – Pegawai Kementerian Agama harus melayani, bukan dilayani. Kedua kata tersebut meski terlihat sedikit berbeda namun mengandung makna yang jauh berbeda. Melayani dalam hal ini tentunya dalam artian memberikan pelayanan terbaik terhadap siapapun yang membutuhkan tanpa pandang bulu dan memudahkan urusan apapun yang diperlukan oleh tamu yang datang.
Hal tersebut disampaikan Kakan Kemenag Parepare, H. Fitriadi saat menjadi Pembina Apel pagi di Halaman Kantor Kemenag Parepare, Kamis, 18 Januari 2024.
Apa yang disampaikan oleh Kakan Kemenag merupakan satu diantara dua pesan penting Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Men pada saat melakukan pembinaan dan silaturahmi dengan ribuan ASN Kemenag Sulsel di Aula Arafah Asrama Haji Makassar dua hari yang lalu.
Menteri Agama menitipkan dua pesan singkat namun bermakna mendalam kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementerian Agama.
Dalam hal pelayanan, ia menyampaikan agar ASN dan Non ASN Kemenag memberikan pelayanan terbaik sehingga tamu yang datang dapat menyelesaikan urusannya dengan cepat tanpa harus bolak balik mengurus kelengkapan dokumen.
Pesan kedua, Menteri Agama memberikan analogi yang menarik yakni pegawai Kementerian Agama ibaratnya bekerja di dalam akuarium dalam artian apa yang dikerjakan dapat dilihat dan dinilai semua orang. Pesan ini mencerminkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas, serta menjadi pengingat bahwa pelayanan yang diberikan oleh kementerian ini dapat dinilai oleh masyarakat secara langsung.
Terkait dengan pesan tersebut, Kakan Kemenag menekankan bahwa Kementerian Agama harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Sebagai bagian dari pemerintahan, tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang berkualitas menjadi prioritas utama. Hal ini diharapkan dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap kinerja dan dedikasi Kementerian Agama.
Dengan harapan agar pesan dari Menteri Agama ini menjadi panduan dan motivasi bagi seluruh ASN di Kementerian Agama, Kakan Kemenag menitip pesan kepada seluruh peserta apel untuk meneruskan kedua pesan tersebut kepada semua ASN dan Non ASN Kemenag Kota Parepare lainnya.
“Jika kedua pesan ini bisa kita aplikasikan dalam melaksanakan tugas sebagai ASN dan Non ASN Kementerian Agama, insya Allah Kementerian Agama akan semakin jaya dan lebih baik lagi ke depan, dan yang tidak kalah pentingnya kesejahteraan pegawai Kemenag tentunya juga akan semakin baik lagi,”tandasnya.
Apel diikuti oleh Kasubbag TU, para Kepala Seksi, Pokjawas dan Pengawas, JFT dan Pelaksana, serta Non ASN Lingkup Kemenag Kota Parepare. Hadir pula sejumlah Pengurus IGRA Kota Parepare.(Abul/Wn)